RSS

Keuntungan Berhenti Merokok

Setiap orang tahu bahwa menghentikan kebiasaan merokok sangat bagus untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya orang yang tidak merokok, perokok berat pun menyadari hal ini. Sayangnya anggapan selama ini, bagus untuk kesehatan ini baru dirasakan setelah menunggu bertahun tahun sejak berhenti merokok. Padahal tanpa disadari oleh mantan perokok proses perbaikan kondisi kesehatan sudah mulai berlangsung sejak 20 menit dari penghentian kebiasaan merokok.

Pada 20 menit pertama sejak berhenti merokok, kondisi kesehatan anda sudah berangsur angsur membaik. Detak jantung dan tekanan darah berangsur angsur normal. Setengah hari kemudian, kadar karbonmonoksida yang beracun dalam darah menurun drastis ke nilai normal.

Beberapa bulan kemudian, anda akan merasakan fungsi paru paru berangsur angsur meningkat. Bila dulunya anda tidak mampu menaiki tangga tanpa ngos ngosoan, saat ini sudah bisa dengan lancar. Sirkulasi darah anda pun sudah berangsur angsur pulih.

Sembilan bulan kemudian, anda akan jarang menderita batuk batuk dan seiring dengan itu anda akan mampu menarik nafas lebih dalam dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena fungsi silia atau rambut kecil yang terdapat dalam saluran nafas sudah berfungsi dengan baik yaitu mengeluarkan riak dari saluran nafas. Selain riak, kuman kuman penyebab infeksi pun akan terhempas keluar.

Saat anda merayakan setahun keberhasilan anda berhenti merokok, anda juga harus merayakan keberhasilan anda mengurangi setengah dari resiko anda menderita penyakit jantung koroner bila dibandingkan anda tetap merokok.

Lima sampai sepuluh tahun kemudian, resiko anda menderita stroke juga akan jauh berkurang. Selain itu, resiko kanker paru paru juga akan ikut ikutan berkurang.

Selain keuntungan diatas, seperti kita ketahui bersama, rokok akan merusak penampilan tubuh anda. Penuaan dini, warna kuning pada kuku dan gigi serta aroma khas perokok pada rambut dan pakaian anda.

Ketika anda memutuskan untuk berhenti merokok, kulit anda akan berubah sendirinya ke arah yang lebih baik. Aroma tidak sedap khas perokok juga akan hilang. Bau nafas anda juga akan lebih segar dan anda sudah bisa merencanakan untuk memutihkan gigi anda.

Perubahan lain adalah anda akan merasakan selera makan yang meningkat yang disebabkan oleh perbaikan saraf saraf perasa pada lidah. Kemampuan anda mencium sesuatu aroma akan meningkat. Yang pada akhirnya akan membuat tubuh anda lebih berisi.

Bagaimana? Ada keinginan untuk mencoba?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: